Indeks Kepuasan Masyarakat

Dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik yang merupakan salah satu tuntutan dalam mewujudkan Reformasi Birokrasi di lingkungan instansi pemerintah, BSPJI Palembang secara rutin melakukan survey untuk melihat aspek kepuasan masyarakat terhadap kualitas layanan yang telah diberikan. Hal ini sejalan dengan amanat yang tertera pada UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dimana mekanisme survey berpedoman pada Instruksi Menteri Perindustrian No. 101/M-IND/3/2013 tentang Peningkatan Kualitas dan Integritas Pelayanan Publik pada unit kerja Kementerian Perindustrian. Survei yang diikuti 283 responden dari satuan kerja lingkup KPPN Bandar Lampung dilaksanakan pada bulan April hingga Juni 2021.

Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) merupakan salah satu tolok ukur untuk menggambarkan persepsi penerima pelayanan publik terhadapap pelayanan publik yang diselenggarakan oleh pemberi pelayanan publik. Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) ini diperoleh dengan melaksanakan kegiatan Survei Kepuasan Masyarakat Atas Pelayanan Publik. Melalui hasil survey ini, diharapkan dapat menjadi motivasi dalam peningkatan kualitas pelayanan publik dalam mewujudkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan yang baik (good governance) dan meningkatkan akuntabilitas serta kepercayaan kepada BSPJI Palembang di masa yang akan datang.

SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT.png

Hasil analisa Survey Kepuasan Masyarakat BSPJI Palembang periode Oktober 2022 mendapatkan nilai sebesar 3,58 mengalami kenaikan pencapaian dari periode sebelumnya 3,57.

 

Secara akumulatif nilai SKM Januari-Oktober adalah 3,53.

Jan-Oktober 2022

Indeks Kepuasan Masyarakat